Perkenalan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Perkenalan

Post  Didik on Sat Sep 15, 2012 3:40 pm

Perkenalkan,..Nama saya Didik.
Lengkapnya Markus Didik Naryadi.
Domisili saat ini di Jogja.
Saya mengenal MS. Access sejak sekitar tahun 2002.
Waktu itu saya bekerja di salah satu travel di Bali. Saat pertama kali bekerja di Bali, saya tidak paham komputer, hanya mampu menghidupkan dan mematikan saja. Seorang teman kantor mengajari saya Ms. Word & kemudian Ms Excel.
Pada suatu kesempatan, ada seseorang (teman dari manager kami yang orang Jepang), menawarkan program database tetapi under DOS. Saya heran & kagum dgn data base tsb, karena dengan sekali memasukkan data, kita bisa mengetahui / menyaring / memfilter data tsb sesuai dengan kebutuhan kantor travel agent. Akhirnya database tsb terinstall di kantor kami.
Akan tetapi untuk pengoperasiannya diperlukan 1 (satu) orang yang khusus meng-input data pada database tsb & database tsb tidak bisa di-share melalui Jaringan LAN. Pada akhirnya, semua keperluan data tergantung pada 1 komputer & 1 orang tsb.
Pada kesempatan lain, saya berjalan-jalan di Toko Buku G******* (edited),....dan di sana saya menemukan sebuah buku mengenai MS Access ini. Setelah dengan susah payah mempelajari buku tsb (maklum, ilmu komputer saya masih sangat terbatas saat itu), akhirnya pelan-2 saya mulai mengerti, dan akhirnya saya mulai dapat meng-aplikasikannya ke dalam pekerjaan saya.
Waktu itu saya masih ragu-ragu untuk mengajukan database yang saya buat, & hanya belajar sambil mengembangkan-nya untuk keperluan pekerjaan & data saya sendiri. Menurut saya, database pada travel agent sangat rumit, karena tidak hanya mengenai data keuangan saja, tetapi juga data mengenai itinerary / schedule, hotel reservation, jadwal penerbangan, harga hotel, harga tour,... dll.
Pada tahun 2003, terjadi bom di Bali. Saat itu kami kebingungan karena ada tamu-tamu inhouse kami (inhouse = tamu-tamu yang berada di Bali) pada saat bom terjadi. Kami harus men-check satu per satu file-file manual kami untuk mencari keberadaan tamu-tamu kami tsb. Pekerjaan tsb cukup memakan waktu karena dilakukan secara manual & setelah kelar, puji Tuhan, tamu2 kami tsb tidak ada yang menjadi korban ledakan bom.
Setelah peristiwa tsb, boss kami memerintahkan supaya ada data untuk mengetahui jumlah total in-house guests & keberadaan mereka (lokasi hotel, schedule,.. dll). Teman-2 kantor sebagian menggerutu,.. "wah tambah kerjaan nich" (maklum tanpa di-bebani hal ini, kami sudah sangat sibu saat itu). Saya, dalam hati berkata,... siap laksanakan boss.... Very Happy
Akhirnya database saya ajukan, & dari database ini kami dengan mudah mengetahui keberadaan / schedule / hotel tamu setiap hari-nya. Bisa mengetahui jadwal kedatangan / keberangkatan tamu berikut dengan schedule pesawat mereka. Pada akhir bulan bisa membuat berbagai report mengenai room night report di masing-masing hotel, jumlah wisatawan, total expenses,.. dll.
Selain itu, untuk penjemputan tamu di airport, kadang kami memerlukan papan nama yang bertuliskan tamu tsb. Karena tamu kami kebanyakan dari Jepang, papan nama tsb selalu di-buatkan oleh manager kami yang memang orang Jepang. Dengan sedikit meng-otak-atik MS. Access ini, akhirnya saya bisa memodifikasi database untuk menulis banner (papan nama) dgn Huruf Hiragana, yang mana saat saya menulis Na (dlm huruf biasa), yang muncul adalah な. Saat saya menulis Ka, yang muncul か. Saat saya menulis Nakano Sama,.. yang muncul adalah なかの 様
Menurut saya, database ini sangat flexible (istilah saya : LUWES). Yang lebih mengasyikkan lagi, data base ini bisa di-share melalui LAN. Jadi para pengguna bisa bekerja melalui komputer mereka masing-masing, & data tetap masuk pada satu komputer. Saat mereka memerlukan data, mereke bisa membuka melalui komputer mereka masing2. Dalam hal ini, saya membuat 1 Form, di mana saya design sedemikian rupa sehingga para pengguna lain tidak kebingungan. Jadi yang saya munculkan ke komputer lain / desktop adalah shortcut yang langsung berhubungan dengan Form tsb.
Karena saya seorang praktisi Pariwisata (bukan seorang programmer), saya masih merasa kurang pemahaman saya mengenai ms access. Oleh karena itu, saya masih perlu menimba ilmu dari Mas-mas atau Mbak-Mbak yang ada di sini.
Demikian cerita (testimony kali ya... ) saya mengenai MS Access.

Didik

Jumlah posting : 2
Join date : 15.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik